Surprise Makan Siang

Dulu -mungkin sekitar dua tahun lalu- waktu saya masih awal-awal kerja. Waktu itu keadaan keuangan di rumah lagi susah. Makan makanan seadanya, lauk kalo ngga tempe ya tahu. Bersyukur aja masih bisa terus bertahan.

Buat makan siang di tempat kerja, saya bawa bekal makan siang. Pertama karena alasan hemat, yang kedua karena emang ga ada warung nasi deket kantor waktu itu.

Menu makan siang yang saya bawa waktu itu hampir tiap hari cuma nasi putih sama sayur lodeh. Ngga pake lauk. Bosen lah tiap hari kaya gitu…

Suatu pagi saya ngomong sama Ibu saya, “Menu bekalnya diganti napa, Bu? Aku bosen makan ngga pake lauk…” Ibu saya diem aja.

Keesokan harinya saya berangkat kerja seperti biasa. Dan waktu tiba makan siang, saya tadinya sempet males mau makan. Sampai akhirnya saya buka kotak makan siang saya yang isinya ternyata adalah nasi dengan lauk semuran telur ceplok yang dibeli di warung nasi deket rumah. Omaigad!

Saya makan sambil mewek-mewek jadinya. Biarin aja ngga ada yang liat. Saya terkejut, senang, sedih, terharu, malu sama Ibu. Saya lalu berpikir, “Siang ini mereka yang di rumah makan apa ya?” Khawatir kalau yang mereka makan ngga seenak yang saya makan saat ini.

Ibu beliin telur padahal tau lagi susah. Hanik geblek!

Sesudah itu, saya coba buat ngga pernah lagi komplain sama apa yang saya makan. Mencoba ngga lagi protes sama sesuatu yang baru bisa diberikan oleh orang tua saya. Nrimo aja. Karena orang tua manapun kalau mereka sanggup, gunung pun bakal dikasih buat anaknya. *nyambung ga sih?*

Pas saya pulang ke rumah saya tanya Ibu saya, “Bu, tadi pagi aku dibeliin telur itu ngga apa-apa?” Dan Ibu cuma senyum. Aaarrghhh… Heartbreaking… :((

 

-Hanik-

2 thoughts on “Surprise Makan Siang

Leave a Reply

