Free lunch

Waktu SMA uang jajan saya 5000 perak. 2000 habis buat ongkos bus, 2000 lagi buat jatah jajan di sekolah, yang 1000 ditabung buat bayar LKS dan beli keperluan sekolah seperti buku, pulpen, buat foto copy, dll.

Dengan 2000 buat jajan sebenernya saya udah bisa dapat segelas air mineral atau es teh sama 3 macam makanan ringan dengan harga 500-an. Banyak, tapi ngga kenyang buat saya *doyan makan*. Sebenernya jajan saya juga ngga segitu banyak kali. Dan tadinya pas kelas 1 & 2, dengan uang jajan segitu saya ngga masalah.

Memasuki kelas 3, mulai ada jam tambahan, pulang juga lebih sore, jam 4. Dengan uang 2000 saya ngga bisa jajan jam 2 siang, karena duitnya abis, ato saya musti nahan jajan sampai jam 2 siang biar sorenya ngga kelaparan.

Jadi untuk itu segala upaya dikerahkan biar bisa tambah jajannya. Pertama minta uang jajan tambahan ke ortu, yang jelas-jelas ngga dikasih T_T
Cara yang lain adalah dengan menggunakan kepintaran… hehe…

Mereka–teman-teman saya–bilang kalo saya ini pintar. Dalam beberapa mata pelajaran seperti Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Perancis. Dan di sinilah saya gunakan kepintaran saya buat bisa dapat makan siang gratis 🙂

Targetnya adalah teman yang uang jajannya lebih tinggi dari saya tentu. Dengan cara kasih contekan PR, ngerjain tugas translate atau mengarang. Untuk itu saya biasanya kasih charge segelas es teh atau seporsi nasi pecel di kantin siangnya menjelang pelajaran tambahan. Paling tinggi teman saya cuma 2000 keluar duitnya, ngga mahal lah buat dianya… hehe…

Ngga enaknya ya kalo saya mesti ngerjain tugas sampe dua kali. Satu tugas saya, satu tugas temen saya. Tapi sepadan kok sama yang didapetin. Saya jadi ngga kelaparan di sore hari… 😀

-Hanik-

2 thoughts on “Free lunch

Leave a Reply

