Mas Kawin

Ngga sengaja bongkar-bongkar berkas lama di rumah trus nemu Surat Kawin (ato Surat Nikah?) ortu. Lihat foto Ibu yang masih belia, trus juga Bapak yang kumisnya emang udah dari dulu sangar… hehe… 😀

Lihatin tanggal perkawinannya, sudah 23 tahun berumah tangga. Wow! Trus mata tertuju pada tulisan ‘Mas Kawin’. Dan mata saya membelalak dengan ekspresi, “Cuma segitu??”

Lalu saya tanya ke Ibu. “Bu, masa mas kawin yang dikasih Bapak ke Ibu dulu cuma *nyebutin angka 4 digit*?! Dikit banget. Bapak kan mudanya banyak duit, Bu. Kok Ibu mau sih mas kawinnya cuma segitu.” *dirajam*

Ibu pun membela suami tercintanya, “Eh, Nduk, mas kawin segitu jaman dulu tuh udah banyak tau! Orang beras sekilo aja cuma 25 perak.” Waks!

Hahah! Iya juga yak… *dudul*

Dan yang penting itu bukan cuma soal mas kawinnya. Kalau pun Ibu minta mas kawin dibangunin istana, tapi kalo rumah tangganya akhirnya ngga harmonis kan ya percuma to?

Lagian, jadi perempuan itu jangan susah-susah mintanya… Emang sih pernikahan itu kalau bisa sekali seumur hidup dan untuk selama-lamanya. Dan maunya semua orang itu dapat pasangan hidup yang tepat. Intinya saling percaya antara satu sama lain, mengarungi hidup bersama-sama.

Hmm… ok… Udahan lah, Bu, ceramah rumah tangganya… *plak!*

Dan ngomong-ngomong soal mas kawin, saat nikah nanti kamu mau minta mas kawin apa sama calon suamimu?

Belum tahu lah ya. Calon suaminya aja belum nongol sampe sekarang… Dan mungkin bener juga, sepertinya kalau saya, mau mas kawinnya apa nanti sepertinya ngga begitu masalah deh. Karena ini yang mau saya jadiin suami kan orangnya, bukan mas kawinnya…

Nah, ngerti kan apa yang Ibu maksud?

Ya… ya… ya… point taken.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s