Anak SD dan Wartel

Waktu saya masih SD, masih belum kenal sama alat komunikasi yang namanya telepon. Lihat fisiknya aja mungkin cuma di TV. Telepon itu sesuatu yang ‘wah’ banget gitulah untuk anak kecil seperti saya.

Lalu ada satu tempat bernama Wartel dibuka di dekat sekolah. Setiap hari berangkat dan pulang sekolah udah pasti lewat depan wartel. Saya tahu itu tempatnya orang-orang yang mau menghubungi orang lain via telepon. Tapi ya sudah. Ngga ada hubungannya sama saya dan saya ngga peduli.

Lalu pada suatu hari saat pulang sekolah, saya pulang jalan kaki bareng teman saya, namanya Ayu. Pas sebelum melewati wartel itu dia bilang, “Eh, kita ke wartel yuk?”

“Hah? Mau ngapain?” tanya saya.

“Nelepon, dong! Uang jajanku masih Rp. 200,- Sebentar aja, murah kok!” Lalu saya berpikir masih punya uang jajan Rp. 100,- dan ikutlah saya ke wartel sama Ayu. Oh, honey…

Mulailah Ayu mencet-mencet nomor telepon yang dia tuju. Sayangnya, nomor yang dituju itu ngga bisa dihubungi. “Ah, ngga bisa nelepon siapa-siapa…” Ayu kecewa.

“Eh, nelepon nenekku aja di Jakarta!” suatu ide yang nantinya bakal saya sesali.

Terhubung ke nenek saya yang di Jakarta. Cuma semenit dan… biayanya adalah Rp. 2.100,- Mampus loh!

Dan akhirnya kita dimarahin sama mbaknya yang jaga wartel. Trus bayarnya? Kita pulang dulu, Ayu minta duit sama ibunya karena saya gagal cari cara biar Ibu mau ngasig saya duit segitu sementara uang jajan saya saja seharinya cuma Rp. 300,- perak! Jadinya ya saya ngutang dulu sama Ayu lha wong yang ngobrol-ngobrol ke Jakarta itu saya kok. Trus balik lagi ke wartel buat bayar.

Orang tua kita ngga tahu sih soal insiden ini, sampai akhirnya pas Lebaran nenek saya pulang dan cerita ke Ibu. Hehe…

Nah, adik-adik… jangan iseng-iseng main ke wartel yah apalagi kalo sampe nelpon interlokal. Dan buat mbak-mbak dan mas-mas yang jaga wartel, jangan pernah ijinin anak kecil nelpon ke wartel sendirian kecuali kalo dia bawa uang cukup. Dan kalopun kecolongan nemu anak kecil macam saya itu, mbok ya ngga usah dimarahin… Kasihan… Hihi…

Leave a Reply

