Bola-bola Daging

Happy Eid Adha Mubarak… ^_^

Mbak-mbak dan ibu-ibu sekalian suka bingung nggak sih dalam mengolah daging qurban yang didapat? Ibu saya sepertinya nggak pernah kebingungan dalam hal memasak. Ibu cuma kebingungan gimana caranya semua masakannya dimakan habis sama semua orang… hehe…

Ya, dengan daging sebanyak itu (alhamdulillah) dan kami dirumah nggak punya kulkas buat nyimpen stock daging mentah. Jadi semuanya dimasak hari itu juga, besoknya sarapan, makan siang, makan malam sama menu itu yang diangetin dan gitu terus sampai habis. Bosen? Nggak usah ditanya.

Kali ini saya menyarankan sama Ibu buat masak sesuatu yang beda. Saya ngga tahu nama masakannya, yang jelas hampir mirip-mirip sama baso gitu lah. Dan saya ngga pernah bosen sama yang namanya baso.

Bahan:
– 1 kg daging dicincang halus (kambing, kerbau, sapi, terserah sesuai selera)
– 1 sdm merica, dihaluskan. Atau kalau mau pake merica bubuk lebih praktis.
– 10 siung bawang merah, iris tipis.
– 2 sdm bawang goreng, tumbuk kasar.
– 5 sdm kecap manis.
– 5 sdm margarin.
– garam dan penyedap rasa secukupnya.

Cara memasak:
1. Semua bahan diatas dicampur jadi satu sampai rata.

2. Buat adonan bulat-bulat seperti baso.

3. Didihkan air. Adonan bola-bola tadi dimasak di air mendidih, tunggu sampai adonan mengapung, angkat dan tiriskan.

Well, gampang banget yah nulisnya. Sampai sini sebenernya udah mateng. Mau dimakan sebegai lauk sama nasi juga udah enak.

Atau, sisa air yang dipakai buat masak tadi juga bisa dijadiin kuah. Tinggal tambah bumbu standar lah (maaph lupa :p).

Dan pagi ini, saya sarapan dengan bola-bola daging ini yang digoreng sebentar. Biar anget dan fresh aja kesannya gitu.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s